Promosikan Inovasi Pelayanan Publik, KemenPANRB Akan Gelar Kembali International Public Service Expo

By Admin

nusakini.com--Perkembangan inovasi pelayanan publik di Indonesia yang telah mengalami kemajuan pesat dalam kurun waktu tahun terakhir ini, menjadi bukti nyata implementasi gagasan kreativitas para Aparatur Sipil Negara di seluruh jajaran instansi pemerintah. 

Dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan Publik di Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam waktu dekat berencana menggelar International Public Service Expo (IPSE) Tahun 2017. 

Menurut Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB Dwiyoga Prabowo, gelar pelayanan publik yang pertama kali diadakan oleh KemenPANRB pada tahun 2009 tersebut sejalan dengan Gerakan Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jufuf Kalla dalam rangka memperkokoh kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat, dimana dalam inisiasi Pemerintah tersebut salah satu tugas Menteri PANRB untuk menjadi koordinator Gerakan Indonesia Melayani. 

“Dalam event ini, kami akan mempromosikan inovasi-inovasi pelayanan publik terbaik dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota, dan BUMN,” ujar Yoga. Selain itu, acara ini juga akan menampilkan serta inovasi pelayanan publik internasional dari beberapa negara sahabat. 

Dalam kegiatan yang terbuka untuk masyarakat luas ini akan dilakukan simulasi inovasi pelayanan publik serta berbagi pengalaman dari para inovator inovasi pelayanan publik. Acara ini juga bertujuan untuk mendorong dilakukannya replikasi pelayanan publik bagi para instansi pemerintah lainnya yang belum memiliki inovasi pelayanan publik. 

Event ini diharapkan dapat menjadi referensi pembanding dan pembelajaran bagi instansi lain dalam upaya melakukan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi. Dengan pergelaran inovasi pelayanan publik ini, diharapkan juga dapat memacu perubahan pelayanan kearah yang lebih baik kepada masyarakat.(p/ab)